Menjadi Analis dengan STATA

Menjadi Mahasiswa Magister Sains FEB UGM yang kompeten dibidangnya (Ekonomi, Akuntansi dan Manajemen) serta memiliki kemampuan dalam penelitian merupakan misi dari program Magister Sains FEB UGM. Oleh sebab itu, mahasiswa Magister Sains FEB UGM diharapkan bisa menguasai ilmu di bidangnya dan hard skill untuk melakukan penelitian.
Berbicara mengenai hard skill penelitian, Forum Komunikasi FEB UGM ikut serta dalam merealisasikan misi tersebut dengan menyelenggarakan pelatihan STATA. Divisi Riset dan Publikasi Forum Komunikasi Mahasiswa Msi UGM telah menyelenggarakan pelatihan STATA yang diselenggarakan secara bertahap, mulai dari tangal 2, 4, 5, 14 dan 15 Mei 2018 bertempat di gedung Magister Doktoral FEB UGM. Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang dilaksanakan oleh divisi riset dan publikasi.
Rangkaian pelatihan STATA dimulai dari pelatihan untuk divisi internal riset dan publikasi pada tanggal 2 Mei 2018, yang diharapkan dapat memandu jalannya pelatihan STATA pada pertemuan selanjutnya. Kemudian dilanjutkan kembali pada tanggal 4 dan 5 Mei 2018 dengan pemateri Riska Dwi Astuti, yang merupakan mahasiswa Ilmu Ekonomi Msi UGM. Pembahasan pada pertemuan tanggal 4 dan 5 Mei 2018 adalah manajemen data, Uji beda dan Regresi untuk pemula.
Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 14 dan 15 Mei 2018 merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yang dilaksanakan pada tanggal 4 dan 5 Mei 2018. Pembahasan pada pertemuan kali ini difokuskan pada pengelolaan database IFLS dengan menggunakan STATA. Pembahasan materi disampaikan oleh Randy Kurniawan, yang merupakan mahasiswa Ilmu Ekonomi Msi UGM.
Dengan demikian, acara ini kami kemas dengan harapan dapat memfasilitasi kebutuhan mahasiswa Msi dalam pengolahan data mulai dari pemahaman dasar hingga ketahap yang lebih advance. read more